Unknown
Kekuatan dan keindahan kredit mikro adalah kita dapat memberikan kesempatan kepada orang-orang yang  selama ini dianggap atau dikelompokkan sebagai "orang miskin" dan "terpinggirkan", untuk membangun dan menata masa depannya melalui perencanaan masa depannya sendiri.

Tak dapat dielakkan, kredit mikro pada akhirnya mampu untuk ikut serta dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat "miskin" dan "terpinggirkan". Karena sebagai manusia, mereka memiliki hak untuk hidup layak.

Tentu saja kredit mikro dapat berjalan mulus jika kita mau mengubah cara pandang tentang manusia, yaitu bahwa potensi besar yang dimiliki banyak warga miskin dapat membentuk kreatifitas yang beasr pula meski dengan modl terbatas. Pandangan tersebut diubah dari anggapan selama ini bahwa hanya pekerjaan dan modal besar yang akan menciptakan kesejahteraan manusia.

Perubahan cara pandang ini mau tidak mau akn memudahkan untuk memusatkan metode serta teknik yang mungkin dan bisa diterapkan dalam mempercepat pengembangan dan sosialisasi kredit mikro. Pandangan ini telah dibuktikan lewat pengalam nyata di wilayah afrika barat, eropa tengah dan bangladesh lewat pendekatan teknis Garmeen bank.

Pada gilirannya, kredit mikro bertujuan untuk membuka akses-akses modal untuk rakyat banyak tanpa mempersoalkan distribusi kekayaan dan memancing pertentangan dari orang berpunya, serta jadi alternatif pemerintah atau lembaga terkait untuk mengurangi lajunya angka kemiskinan dan jumlah masyarakat "terpinggirkan". Bukanlah kemiskinan dan keterpinggiran bisa mengacu munculnya peperangan dan tindakan terorisme???
Label:
0 Responses

Posting Komentar


widgets