Unknown
Manajemen Strategis

1.        Hirarki Manajemen Strategis :
a.       Hirarki (jenjang) pengambilan keputusan dalam suatu perusahaan terdiri dari tiga jenjang:
1)      Korporasi, yaitu suatu urusan yang merupakan sebuah kumpulan bisnis yang relatif independen atau biasadisebut dengan Strategic Unit Bisnis (SBU).  Yang termasuk dalam korporasi adalah: dewan direksi, eksekutif kepala, dan pejabat administrasi.
2)      Strategi fungsional, berkaitan dengan interpretasi peran dari fungsi atau departemen dalam menerapkan strategi fungsional.
2.        Proses Manajemen Strategis. Proses ini terdiri dari 5 tahap:
a.       Analisa lingkungan : tujuan utama dilaksanakan analisis lingkungan adalah untuk mengidentifikasi peluanng yang harus segera mendapat perhatian serius dan pada saat yang sama menentukan beberapa ancaman yang perlu diantisipasi. Analisa lingkungan perusahaan terdiri dari 2 komponen pokok yaitu:
1)      Lingkungan ekternal yang terdiri dari :
a)      Lingkungan umum
b)      Lingkungan industri
c)      Lingkungan operasional
2)      Lingkungan internal, terdiri dari:
a)    Sumber daya,
b)    Kemampuan,
c)    Kompetensi inti.
b.      Penetapan misi dan tujuan: Misi merupakan suatu tujuan khusus yang membedakan dengan perusahaan lain. Misi terdiri dari:
1)      Karakteristik produk
2)      Pasar yang dimasuki
3)      Teknologi yang diterapkan
Dengan adanya misi perusahaan dapat memanfaatkan seluruh potensi yang ada untuk mencapai tujuan akhir secara efektif dan efisien.
Tujuan adalah landasan utama untuk menggariskan kebijakan yang ditempuh dan arah tindakan untuk mencapai tujuan perusahaan.
c.       Hubungan misi dan tujuan
Sebuah rumusan misi akan bisa dicapai apabila dijabarkan dalam bentuk yang spesifik melalui pernyataan tujuan.
d.      Perumusan strategi
Strategi merupakan suatu tindakan yang terintregasi dan terkoordinasi yang diambil untuk mendayagunakan kompetensi inti serta memperoleh keunggulan bersaing. Agar dapat memberikan hasil yang optimal bagi perusahaan maka perumusan strategi harus sesuai dengan spesifikasi produk, pasar dan pemasarannya, sumber daya organisasi dan tehnologi.
e.       Pilihan dan penerapan strategi
Merupakan tindakan pengelolaan bermacam-macam sumber daya organisasi dan manajemen yang mengarahkan dan mengendalikan pemanfaatan sumber daya perusahaan melalui strategi yang yang dipilih.
f.       Evaluasi atau pengendalian strategi
Merupakan suatu tahap dimana manajer mencoba menjamin bahwa strategi yang telah dipilih itu terlaksana dengan tepet dan mencapai tujuan yang diharapkan. Jadi, evaluasi strategi adalah proses dimana perusahaan membandingkan antara hasil yang diperoleh dengan yujuan perusahaan.

3.        Tujuan Organisasi : Merupakan sesuatu yang ingin dicapai dengan segala kemampuan yang dimiliki oleh perusahaan. Fungsi tujuan perusahaan:
a.       Sebagai landasan operasional bagi kegiatan perusahaan
b.      Sebagai tolak ukur atau pedoman dalam menilai keberhasilan perusahaan
4.        Faktor Yang Mempengaruhi perumusan Tujuan:
a.       Tujuan-tujuan perusahaan sebelumnya
b.      Sumber-sumber ekonomi yang dimiliki perusahaan: semakin besar sumber ekonomi yang dimiliki perusahaan semakin bebas perusahaan untuk meneantukan tujuan-tujuannya.
c.       Kekuatan dalam lingkungan: lingkungan yang dimaksud adalah, pemegang saham, peraturan pemerintah, pesaing, pemasok, dan organinasi karyawan.
5.        Jenis-jenis tujuan organisasi:
a.       Profitabilitas: kemampuan suatu perussahaan untuk bertahan dalam jangka panjang tergantung pada pendapatan atau laba yang diperoleh. Perusahaan yang memiliki profitabilitas yang baikk akan semakin mudah menyesuaikan perubahan lingkungan baik internal maupun eksternal.
b.      Produktifitas. Tujuan produktifitas yang umum digunakan adalah jumlah produk yang dihasilkan atau jumlah layanann yang diberikan.
c.       Posisi bersaing. Perusahaan besar biasanya menetapkan suatu tujuan yang menyangkut posisi bersaingnya. Tujuan posisi bersaing menunjukkan proiritas jangka panjang perusahaan.
d.      Pengembangan karyawan. Produktifitas terkait dengan loyalitas perusahaan, sehingga perusahaan memberikan perhatian lebih kepada karyawan. Beberapa hasil dari tujuan ini adalah program keselamatan kerja dan keterlibatan karyawan dalam pengamblan keputusan.

e.       Tanggung jawab social. Perusahaan menyadari tanggung jawab terhadap pelanggan dan masyarakat. Perusahaan tidak hanya mengembangkan reputasi tentang produk atau jasanya, tetapi juga memanfaatkan diri sebagai warga Negara yang bertanggung jawab.
1 Response
  1. Unknown Says:

    Idhul Fitri sudah menyambut kita, smg dapat ambil hikmahx....


Posting Komentar


widgets