Unknown
bisnis terbaikAda pertanyaan menarik dari salah satu rekan kita di sini. Begini pertanyaannya:
saya sudah coba bisnis online mulai dari yang gratis sampe yang berbayar. Mungkin belum ada jodoh kali ya, rejeki saya seperti tidak lancar. mohon bimbinganya pak joko. bisnis online apa yang paling bagus..
Hmm… bisnis online yang paling bagus?
Sejenak saya mengernyitkan dahi; kemudian saya ingat sebuah cerita yang berasal dari pengalaman teman saya. Suatu kali teman saya itu bertemu dengan rekannya. Lama tak berjumpa mereka pun asyik ngobrol panjang lebar, dari soal keluarga, pengalaman masa silam, sampai bisnis yang digelutinya saat ini.
Di akhir percakapan, kemudian mereka berdua bertukar no handphone. Teman saya mengeluarkan gadget keluaran terbaru dari saku bajunya, sementara rekannya itu mengeluarkan hp jadul yang di beberapa bagian sudah terlihat lusuh. Teman saya ini pun ngeledek, “lho masih ada toh hape itu?”. Rekannya itu menjawab,“Iya, ini masih enak kupakai, dan masih berfungsi dengan baik. Paling kan aku butuhnya cuma buat telepon dan sms saja.”
“Oh… gitu ya. Tapi kayaknya kamu butuh hp yang lebih canggih. Lihat nih punyaku bisa buat begini, begitu, dst. Kamu juga pasti perlu hp yang bagus buat menunjang penampilanmu. Masak bisnisman hapenya jadul gitu.”
“Iya, ada benarnya juga sobat,” jawab rekannya sambil tersenyum. “Aku bisa beli gadget terbaru dan termahal sekalipun. Tuh di tas aku juga bawa tab dan smartphone. Cuma kadang-kadang saja kupakai. Tapi prinsipku, hp yang paling bagus itu yang menghasilkan. Dan jangan salah, dengan hp ini aku mengendalikan bisnisku yang omsetnya puluhan milyar perbulannya itu”.
Glek! Teman saya itu pun langsung terdiam mendengar jawaban dari rekannya itu. Seperti tersambar petir di siang bolong, dia langsung berkaca dengan dirinya yang bisnisnya pun belum ada apa-apanya dibandingkan rekannya tapi sudah lebih banyak bergaya.
Back to the topic…
Kembali ke pertanyaan tadi bisnis online apa yang paling bagus? Sengaja di judul tak saya beri bisnis online, sebab pada prinsipnya bisnis apapun, mau online atau offline itu sama saja. Yang berbeda, cuma penanganannya saja.
Menggunakan jawaban yang sama seperti percakapan teman saya tadi, jadi bisnis yang paling bagus adalah yang menghasilkan. :) Anda mau bisnis batubara, mau bisnis jual produk digital, mau bisnis pulsa, mau bisnis hotel, mau bisnis affiliate, mau bisnis ebay, mau bisnis properti, mau bisnis mlm, mau bisnis web, atau bisnis apapun, selama bisnis itu tak menghasilkan, maka bisnis itu tak bagus buat anda.
Buat bisnis yang menghasikan! Dan bisnis itu berarti paling bagus untuk anda.

by : JOKO SUSILO
0 Responses

Posting Komentar


widgets