Unknown
Inflasi dan Tingkat Bunga
Tingkat Bunga Riil dan Nominal
Para ekonom menyebut tingkat bunga yang bank bayar sebagai tingkat bunga nominal dan kenaikan daya beli Anda sebagai tingkat bunga riil. Ini menunjukkan hubungan antara tingkat bunga nominal dan tingkat inflasi, di mana r adalah tingkat bunga riil, i adalah tingkat bunga nominal dan p adalah tingkat inflasi, dan ingat bahwa p hanyalah persentase perubahan tingkat harga P.
r = i – p
Efek Fisher
Fisher Equation menunjukkan perbedaan antara tingkat bunga riil dan nominal. PersamaanFisher : i = r + p
Hubungan satu-untuk-satu antara tingkat dan tingkat bunga nominal disebut Efek Fisher. Ini menunjukkan bahwa bunga nominal dapat berubah karena dua hal : karena tingkat bunga riil berubah atau karena tingkat inflasi berubah.
Teori kuantitas dan persamaan Fisher bersama-sama memberitahu kita bagaimana pertumbuhan uang mempengaruhi tingkat bunga nominal. Menurut teori kuantitas, kenaikan tingkat pertumbuhan uang satu persen menyebabkan kenaikan 1% pada tingkat inflasi.  Menurut persamaan Fisher, kenaikan 1% pada tingkat inflasi akan menyebabkan kenaikan 1% pada tingkat bunga nominal.
Berikut adalah hubungan eksak antara dua persamaan : Persamaan kuantitas dalam bentuk perubahan persentase dan persamaan Fisher.
% perubahan M + % perubahan V = % perubahan P + % perubahan Y
% perubahan M + % perubahan V =          p                       + % perubahan Y
Tingkat Bunga Riil : Ex Ante vs  Ex Post
Tingkat bunga riil yang diharapkan peminjam dan pemberi pinjaman harapkan ketika kesepakatan dibuat disebut tingkat bunga riil ex ante. Tingkat bunga riil yang terealisasi disebut tingkat bunga ex post. Meskipun peminjam dan pemberi pinjaman tak bisa memprediksi inflasi  masa depan dengan pasti, mereka memiliki ekspektasi terhadap tingkat inflasi. Kita nyatakan p sebagai inflasi masa depan aktual dan pe sebagai ekspektasi terhadap inflasi masa depan. Tingkat bunga riil ex ante adalah i - pe, dan tingkat bunga riil ex post adalah i - p. Dua tingkat bunga riil berbeda ketika inflasi aktual p berbeda dari inflasi yang diharapkan pe. Bagaimana perbedaan ini memodifikasi efek Fisher ? Yang jelas tingkat bunga nominal tak bisa sesuai dengan inflasi aktual, karena inflasi aktual tak diketahui ketika tingkat bunga nominal ditetapkan. Tingkat bunga nominal hanya bisa disesuaikan dengan inflasi yang diharapkan. Slideberikut menyajikan versi yang lebih presisi dari efek Fisher.
i = r + pe
Tingkat bunga riil ex ante r ditentukan oleh ekuilibrium dipasar barang dan jasa. Tingkat bunga nominal i bergerak satu-untuk-satu dengan perubahan pada inflasi yang diharapkan pe.





0 Responses

Posting Komentar


widgets