Manajemen Strategis
1.
Hirarki Manajemen
Strategis :
a. Hirarki
(jenjang) pengambilan keputusan dalam suatu perusahaan terdiri dari tiga
jenjang:
1) Korporasi,
yaitu suatu urusan yang merupakan sebuah kumpulan bisnis yang relatif independen
atau biasadisebut dengan Strategic Unit
Bisnis (SBU). Yang termasuk dalam
korporasi adalah: dewan direksi, eksekutif kepala, dan pejabat administrasi.
2) Strategi
fungsional, berkaitan dengan interpretasi peran dari fungsi atau departemen
dalam menerapkan strategi fungsional.
2.
Proses Manajemen
Strategis. Proses ini terdiri dari 5 tahap:
a. Analisa
lingkungan : tujuan utama dilaksanakan analisis lingkungan adalah untuk
mengidentifikasi peluanng yang harus segera mendapat perhatian serius dan pada
saat yang sama menentukan beberapa ancaman yang perlu diantisipasi. Analisa
lingkungan perusahaan terdiri dari 2 komponen pokok yaitu:
1) Lingkungan
ekternal yang terdiri dari :
a) Lingkungan
umum
b) Lingkungan
industri
c) Lingkungan
operasional
2) Lingkungan
internal, terdiri dari:
a) Sumber
daya,
b) Kemampuan,
c) Kompetensi
inti.
b. Penetapan
misi dan tujuan: Misi merupakan suatu tujuan khusus yang membedakan dengan
perusahaan lain. Misi terdiri dari:
1) Karakteristik
produk
2) Pasar
yang dimasuki
3) Teknologi
yang diterapkan
Dengan
adanya misi perusahaan dapat memanfaatkan seluruh potensi yang ada untuk
mencapai tujuan akhir secara efektif dan efisien.
Tujuan
adalah landasan utama untuk menggariskan kebijakan yang ditempuh dan arah
tindakan untuk mencapai tujuan perusahaan.
c. Hubungan
misi dan tujuan
Sebuah rumusan misi
akan bisa dicapai apabila dijabarkan dalam bentuk yang spesifik melalui
pernyataan tujuan.
d. Perumusan
strategi
Strategi merupakan
suatu tindakan yang terintregasi dan terkoordinasi yang diambil untuk
mendayagunakan kompetensi inti serta memperoleh keunggulan bersaing. Agar dapat
memberikan hasil yang optimal bagi perusahaan maka perumusan strategi harus
sesuai dengan spesifikasi produk, pasar dan pemasarannya, sumber daya
organisasi dan tehnologi.
e. Pilihan
dan penerapan strategi
Merupakan tindakan pengelolaan
bermacam-macam sumber daya organisasi dan manajemen yang mengarahkan dan
mengendalikan pemanfaatan sumber daya perusahaan melalui strategi yang yang
dipilih.
f. Evaluasi
atau pengendalian strategi
Merupakan suatu tahap
dimana manajer mencoba menjamin bahwa strategi yang telah dipilih itu
terlaksana dengan tepet dan mencapai tujuan yang diharapkan. Jadi, evaluasi
strategi adalah proses dimana perusahaan membandingkan antara hasil yang
diperoleh dengan yujuan perusahaan.
3.
Tujuan Organisasi : Merupakan
sesuatu yang ingin dicapai dengan segala kemampuan yang dimiliki oleh
perusahaan. Fungsi tujuan perusahaan:
a. Sebagai
landasan operasional bagi kegiatan perusahaan
b. Sebagai
tolak ukur atau pedoman dalam menilai keberhasilan perusahaan
4.
Faktor Yang Mempengaruhi
perumusan Tujuan:
a. Tujuan-tujuan
perusahaan sebelumnya
b. Sumber-sumber
ekonomi yang dimiliki perusahaan: semakin besar sumber ekonomi yang dimiliki
perusahaan semakin bebas perusahaan untuk meneantukan tujuan-tujuannya.
c. Kekuatan
dalam lingkungan: lingkungan yang dimaksud adalah, pemegang saham, peraturan
pemerintah, pesaing, pemasok, dan organinasi karyawan.
5.
Jenis-jenis tujuan
organisasi:
a. Profitabilitas:
kemampuan suatu perussahaan untuk bertahan dalam jangka panjang tergantung pada
pendapatan atau laba yang diperoleh. Perusahaan yang memiliki profitabilitas
yang baikk akan semakin mudah menyesuaikan perubahan lingkungan baik internal
maupun eksternal.
b. Produktifitas.
Tujuan produktifitas yang umum digunakan adalah jumlah produk yang dihasilkan
atau jumlah layanann yang diberikan.
c. Posisi
bersaing. Perusahaan besar biasanya menetapkan suatu tujuan yang menyangkut
posisi bersaingnya. Tujuan posisi bersaing menunjukkan proiritas jangka panjang
perusahaan.
d. Pengembangan
karyawan. Produktifitas terkait dengan loyalitas perusahaan, sehingga
perusahaan memberikan perhatian lebih kepada karyawan. Beberapa hasil dari
tujuan ini adalah program keselamatan kerja dan keterlibatan karyawan dalam
pengamblan keputusan.
e. Tanggung
jawab social. Perusahaan menyadari tanggung jawab terhadap pelanggan dan
masyarakat. Perusahaan tidak hanya mengembangkan reputasi tentang produk atau
jasanya, tetapi juga memanfaatkan diri sebagai warga Negara yang bertanggung
jawab.
Idhul Fitri sudah menyambut kita, smg dapat ambil hikmahx....
BalasHapus